bimtekbumdes

bimtekbumdes's picture
About Me

Bimtek Tata Cara Pembentukan Pengelolaan dan Pengembangan BUMDes (BADAN USAHA MILIK DESA)

Desa (BUMDes) Pembentukan BUMDes menjadi salah satu program strategis pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang ada di pedesaan. Bimtek BUMDes Sejak berlakunya UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, Pembentukan BUMDes menjadi pilar kegiatan ekonomi di desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial dan komersial. BUMDes harus berpihak kepada kepentingan masyarakat melalui penyediaan pelayanan sosial.

Aktivitas BUMDes tidak hanya berbicara soal bisnis, tetapi juga mempertimbangkan potensi dan kemampuan ekonomi masyarakat setempat, Pembangunan ekonomi lokal desa didasarkan oleh kebutuhan, pakar seo website potensi, kapasitas desa, dan penyertaan modal dari pemerintah desa dalam bentuk pembiayaan dan kekayaan desa dengan tujuan akhirnya adalah meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa dan medan.

Website Prioritas Penggunaan Dana Desa BUMDes dengan Pendirian Bumdes

BUMDes adalah kunci perputaran uang hanya di Desa. Oleh karena itu Pemerintah memberikan perhatian khusus dengan mengeluarkan Permedesa tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa yang salah satunya adalah pendirian BUMDes.

berdasarkan Undang-Undang No. 6 Thn 2014 yang mengatur tentang desa, dimana pada Pasal 87 ayat 1 menjelaskan Desa dapat melakukan pendirian Badan Usaha Milik Desa. Kemudian diperkuat dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 43 Thn 2014 yang mengatur pelaksana tentang desa.

Pada BAB VII, pasal 132 di jelaskan jika setiap desa bisa mendirikan BUMDes, pendirian BUMDes harus melalui musyawarah dengan seluruh warga desa dan sesuai dengan peraturan desa. Untuk pengelolaan BUMDes tidak bersamaan dengan organisasi yang sudah dibentuk pemerintah desa sebelumnya, sehingga membutuhkan anggota baru yang tidak memiliki jabatan di desa sebelumnya.

Adanya PP No. 43 Thn 2014, maka keluarlah Permendes tentang pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi No. 4 Thn 2015 tentang bagaimana mendirikan, mengurus, mengelola dan membubarkan BUMDes. Dimana sudah ada 12 ribu lebih BUMDes dari 74 ribu desa yang tersebar di Indonesia, ini menandakan jika desa bisa berkembang dengan baik seperti masyarakat perkotaan.

Bimtek BUMDes pengelolaan BUMDes telah banyak memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan desa. BUMDes tidak hanya menjadi lembaga komersil untuk meningkatkan penghasilan, tetapi juga menyumbang penyerapan tenaga kerja di Desa. Untuk itu Pengembangan BUMDes haruslah terus dilakukan. Dengan semakin banyak BUMDes yang berkembang, maka semakin meningkatnya kesejahteraan masyarakat desa.

Artikel Terkait Bimtek BUMDes : 

Bimtek Pemerintahan Daerah 
Bimtek Penanaman Modal 
Bimtek Barang dan Aset 
Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa 
Bimtek Bidang Kesehatan 
Bimtek DPRD 
Bimtek Kearsipan 
Bimtek Keuangan Daerah 
Bimtek Kependudukan Dan Catatan Sipil 
Bimtek Pemerintahan Daerah 
Bimtek Penanaman Modal 
Bimtek Perpajakan 
Bimtek Usaha Kecil Menengah 
Bimtek Manajemen Keuangan Desa 
Lokasi Diklat Bimtek 
Jadwal Diklat Bimtek